Minggu, 10 Oktober 2010

Al Quran Sebagi Penuntun Hidup

0
Umat muslim hendaknya dapat dengan benar mengerti dan menghayati apa yang terkandung dalam ayat-ayat Alquran, agar jangan sampai salah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena Alquran diturunkan ke muka bumi merupakan penuntun bagi umat. Namun, tidak sedikit dari umat nonmuslim yang mencoba memutarbalikkan atau merubah bacaan Alquran demi mencapai tujuannya. Hal itu disampaikan Dr Syukri M Yusuf MA saat bertindak sebagai penceramah pada peringatan Nuzulul Quran di Aceh Timur, Kamis (26/8) malam, yang berlangsung di halaman Pendopo Peureulak.

“Kita selaku umat muslim supaya benar-benar mengerti dan menghayati apa yang terkandung di balik ayat-ayat suci Alquran tersebut, jangan sampai salah jalan dan langkah. Sebab, di dalamAlquran sudah tercantum semua pandangan hidup dan penuntun hidup bagi kita umat Islam,” kata Syukri Yusuf dalam ceramahnya. Dia mengatakan, apabila umat mengetahui dan memahami makna yang terkandung di dalam ayat-ayat Alquran, niscaya akan lebih memahami dan mengerti, sehingga akidahnya menjadi lebih dalam dan tidak dangkal.

Saat ini, terang dia lagi, banyak umat-umat nonmuslim ingin menggoyahkan umat Islam, agar berpindah keyakinan memeluk keyakinan mereka. Bahkan, tidak sedikit orang-orang kafir ingin merubah bacaan-bacaan yang indah di dalam Alquran  agar umat Islam menjadi sesat.  “Karena itu,  di bulan Ramadhan ini,  hendaknya kita semua bisa merenungkan kembali apa-apa makna yang terkandung di dalam kitab Alquran yang menjadi pedoman hidup dan penyelamat di dunia dan akhirat kelak,” ungkap pegawai Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Timur Nasruddin Abubakar dalam sambutannya pada peringatan Nuzulul Quran yang mengusung tema “Alquran sebagai sumber perdaban”, mengatakan, Alquran sebagai kalam Allah mengandung petunjuk dan menjadi pegangan bagi umat manusia. Untuk itu, ia berharap, semua pihak untuk merenungkan  peringatan Nuzulul Quran, terutama hikmah yang terkandung  dibalik peristiwa besar nan agung itu,  agar dapat membangkitkan kembali semangat umat untuk membangun akhlak yang terpuji, peradaban yang unggul serta mulia.

No Response to "Al Quran Sebagi Penuntun Hidup"

Posting Komentar